Profil Desa





GAMBARAN UMUM
    
    Secara umum Desa Aengtongtong adalah daerah dataran Tinggi dan daerah perbukitan yang ketinggiannya ± 900 M dari permukaan Laut,Keadaan suhu rata – rata 17,25ºC. Iklim Desa Aeng Tong Tong sebagaimana desa lain di wilayah Indonesia beriklim tropis dengan dua musim, yakni kemarau dan hujan. Luas Desa Aeng Tong Tong sekitar…………….km2.

 

  Wilayah Desa Aeng Tong Tong memiliki batas batas sebagai berikut :

  1. Sebelah selatan berbatasan dengan Desa Karangcempaka
  2. Sebelah utara berbatasan dengan Desa Talang dan Juluk
  3. Sebelah barat berbatasan dengan Desa Sera Timur
  4. Sebelah timur berbatasan dengan Desa palongan'



SEJARAH SINGKAT DESA AENG TONG TONG
    
    Desa Aeng Tong-Tong merupakan desa yang terletak di wilayah Kecamatan Saronggi. Desa ini menjadi satu-satunya di Sumenep bahkan di Indonesia yang warganya banyak menjadi Mpu (pengrajin keris). Keahlian membuat keris di Desa Aeng Tong-Tong diwariskan secara turun-temurun dari nenek moyang mereka.Yang konon katanya kebutuhan persenjataan di kerajaan Sumenep di masa lalu di pasok dari desa ini,yang sampai sekarang keris-keris peninggalan dulu itu masih tersimpan di Keraton Sumenep.

    Meski Desa Aeng Tong-Tong adalah Desa yang menjadi rumah bagi para Mpu (pengraji keris). Nama Aeng Tong-Tong sendiri tidak berhubunga sama sekali dengan keris kata “AENG” sendiri memiliki arti “Air” sedangkan kata “TONG-TONG” berarti “Menjinjing”,dinamakan seperti itu konon,karena dulu warga setempat harus menjinjing ember-ember yang berisi air dari luar desa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

    Demikian sepenggal sejarah Desa Aeng Tong-Tong yang diperoleh dari para sesepuh masyarakat Aeng Tong-Tong yang sampai saat ini kesohor menjadi ceita rakyat.

d

Komentar

Postingan Populer