Mahasiswa UTM Melakukan KBM di SDN Aeng Tongtong dengan Cara Belajar Sambil Bermain Menggunakan Bahasa Inggris: Pengabdian Masyarakat UTM


     Senin, 09 Januari 2023 desa Aeng Tongtong kecamatan Saronggi kabupaten Sumenep. Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura melakukan kegiatan belajar mengajar di SDN Aeng Tongtong, kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai salah satu bentuk program kerja dalam kegiatan pengabdian masyarakat. Dalam kegiatan ini, mahasiswa UTM perwakilan dari kelompok empat puluh tiga, berperan sebagai tenaga pengajar dari kelas satu hingga kelas tiga. Mata pelajaran yang dipaparkan adalah Bahasa Inggris dasar. Pada tingkat satu sekolah dasar, para siswa-siswi dikenalkan nama-nama hewan dalam bahasa Inggris. Kelas dua, siswa-siswi dikenalkan pada bagian-bagian anggota tubuh dalam bahasa Inggris, dan kelas tiga dikenalkan pada jenis-jenis profesi yang disebutkan dalam bahasa Inggris.

    Kegiatan belajar mengajar ini berlangsung sekitar dua jam, mengikuti jadwal mata pelajaran yang telah ditentukan oleh pihak sekolah. Proses pembelajaran dimulai dengan pengenalan setiap tenaga pengajar dari mahasiswa UTM. Selama kegiatan berlangsung, seluruh siswa-siswi SDN Aeng Tongtong terlihat sangat antusias dan memiliki inisiatif tinggi untuk memahami pelajaran bahasa Inggris yang diajari oleh teman-teman mahasiswa UTM. Keantusiasan tersebut terlihat ketika pengajar (mahasiswa UTM) mengadakan sesi tanya jawab, dengan tujuan untuk mengasah kemampuan pemahaman dan daya ingat setiap anak didik SDN Aeng Tongtong dari kelas satu hingga kelas tiga. Para siswa-siswi berebutan mengacungkan tangan, berebutan untuk ditunjuk dan menjawab pertanyaan yang telah diajukan. Dalam kegiatan tersebut, para siswa-siswi diminta untuk menjawab pertanyaan dengan menggunakan bahasa Inggris. Pertanyaan yang diajukan berkaitan dengan materi yang telah disampaikan selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Seperti para siswa-siswi diminta untuk menebak nama-nama hewan dalam bahasa Inggris, menyebutkan anggota tubuh dalam bahasa Inggris, dan menyebutkan profesi dalam bahasa Inggris.

   

    Agar kegiatan belajar mengajar berlangsung dengan tidak membosankan, mahasiswa UTM melakukan kegiatan mengajar ini dengan santai. Yaitu melakukan kegiatan belajar mengajar sambil bermain. Permainan yang dilakukuan merupakan bentuk dari materi pelajaran yang diharapkan mampu mengasah kemampuan daya ingat anak. Seperti contoh, untuk memudahkan anak-anak dalam mengingat bagian anggota tubuh, pengajar menciptakan sebuah lagu mengenai part of bodies. Cara yang sangat mampu memikat motivasi anak-anak untuk antusias dalam menjawab pertanyaan adalah dengan memberikan hadiah bagi para siswa-siswi yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar. Sehingga dalam kegiatan ini, pengajar tidak hanya mengajak para siswa-siswi SDN Aeng Tongtong untuk memahami materi saja, tetapi sambil bermain dan memberikan hadiah sebagai bentuk reward atas keberanian mereka untuk menjawab dan mendengarkan penjelasan pengajar selama kegiatan belajar mengajar berlangsung.

Komentar

Postingan Populer