Pengenalan Produk Teknologi Tepat Guna (TTG) Berbasis Tempat Sampah Otomatis oleh Mahasiswa KKN Tematik 43 UTM

    Mahasiswa KKN Tematik 43 UTM Universitas Trunojoyo Madura mengenalkan suatu produk berbasis tempat sampah otomatis di Desa Aengtongtong Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep. Teknologi Tepat Guna (TTG) adalah suatu teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dapat menjawab masalah yang ada di masyarakat, ramah lingkungan, dapat digunakan secara mudah oleh masyarakat, meningkatkan nilai tambah ekonomis dan lingkungan hidup. Contoh Teknologi Tepat Guna (TTG) adalah traktor, Pompa Hydraulic Ram, mesin penebar pupuk, pompa air menggunakan tenaga sepeda. Dalam sosialisasi kali ini, KKN Tematik 43 mendemonstrasikan tempat sampah otomatis untuk diperkenalkan kepada warga desa setempat.

    Kegiatan mengenalkan Teknologi Tepat Guna (TTG) berbasis tempat sampah otomatis dilaksanakan pada tanggal 10 Januari 2023. Kegiatan tersebut bertempat di Galeri Keris Desa Aeng Tongtong. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Aparatur Desa Aeng Tongtong, BPD, perwakilan ibu ibu PKK, dan warga desa.

    Kegiatan ini menarik perhatian warga desa. Selain mendemonstrasikan tentang Teknologi Tepat Guna (TTG) berbasis tempat sampah otomatis, KKN Tematik 43 juga memperkenalkan materi ekonomi kreatif tentang digital marketing dan IOT (Internet of Thing). Tempat sampah otomatis ini akan akan terbuka ketika mengenali objek melalui sensor. Teknologi ini menggunakan arduino UNO sebagai mikrokontroller yang digerakkan oleh motor servo yang dideteksi oleh sensor ultrasonik.

    Tempat sampah otomatis ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan dapat memberikan dampak positif terhadap warga setempat. Mahasiswa KKN Tematik 43 UTM berharap agar kegiatan ini bisa memberikan dampak yang baik dan inovasi lanjutan terhadap teknologi khususnya tempat sampah otomatis yang telah diperkenalkan.

Komentar

Postingan Populer