KKN Tematik 43 Membuat Video Profil Desa Aeng Tongtong


    Mahasiswa KKN Tematik 43 UTM Universitas Trunojoyo Madura melakukan pengambilan video Profil Desa. Desa Aeng Tongtong adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep. Desa Aeng Tongtong memiliki 3 dusun, yaitu dusun Duko, Endana, dan Gendis. Desa ini memiliki potensi alam yang sangat luar biasa keindahannya khususnya dalam bidang perekonomian dan wisata. Salah satu potensi wisata yang ada di Desa Aeng Tongtong yaitu keris. Selain itu, desa ini memiliki pesona alam yang mampu menyita perhatian pengunjung. Kegiatan pengambilan video profile dilaksanakan pada tanggal 9 Januari 2023 di Desa Aeng Tongtong, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep.

    Di sektor ekonomi, warga Desa Aeng Tongtong bermata pencaharian di bidang pertanian, peternakan, dan pembuatan keris. Dalam bidang pertanian, warga desa memiliki lahan yang cukup luas untuk ditanami jagung, padi, kelapa dan lain-lain. Sedangkan dalam bidang peternakan, warga desa setempat banyak yang beternak sapi, kambing, dan ayam. Dalam kegiatan pengambilan video profil desa, mahasiswa KKN Tematik 43 mengambil video dimulai dari letak Geografis yang meliputi tentang Sumber Daya Alam yang ada di Desa Aeng Tongtong, kemudian persawahan, pohon kelapa, dan Perkebunan. Selain itu, diranah sejarah juga dibutuhkan dalam pengambilan video profil desa. Sejarah tersebut meliputi Bhuju’ Dhuwa’, Air Terjun, dan Rumah Tanean Lanjhang.  KKN Tematik 43 juga mengambil video di ranah demografi. Demografi merupakan sebuah gambaran Penduduk beserta Sumber Daya Manusia. Tidak hanya itu, Infrastruktur yang meliputi Sekolah Dasar, Madrasah, Masjid, Irigasi, Lapangan, dan Ponkesdes. Lembaga Kemasyarakatan yang meliputi PKK, dan Karang Taruna. Potensi Alam, Potensi Perekonomian, dan Potensi Sosial Budaya yang meliputi Teknologi, Media dan Pariwisata.

    Potensi - potensi yang ada di Desa Aeng Tongtong mendorong mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Trunojoyo Madura (KKN UTM) Tahun 2023 berinisiatif memperkenalkan Desa Aeng Tongtong dengan berbagai kemungkinan dan keragaman budayanya dalam bentuk video profil desa dan memuat program-program yang berkaitan dengan kegiatan KKN.

    Video profil desa ini dibuat dengan maksud untuk mempromosikan potensi Desa Aeng Tongtong agar dikenal masyarakat secara luas dan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan dan kemajuan desa. Selain itu, melalui video profil desa ini diharapkan dapat menarik perhatian Pemerintah Kabupaten Sumenep untuk meningkatkan pembangunan Desa Aeng Tongtong.

Komentar

Postingan Populer