Mahasiswa KKN UTM Rilis Buku Profil Desa Aeng Tong-Tong Guna Mengenalkan Potensi Desa

Profil desa sangat penting dalam pembangunan desa karena profil desa memberikan informasi penting yang diperlukan untuk membuat rencana pembangunan desa. Profil desa digunakan sebagai pedoman dalam proses perencanaan pembangunan desa, baik dalam bentuk program pembangunan fisik maupun peningkatan kapasitas masyarakat desa. Ketersediaan informasi dalam profil desa memudahkan proses perencanaan pembangunan desa dan diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan fokus kegiatan pembangunan. Buku profil desa diambil berdasarkan pengamatan dan data-data yang tersedia di pemerintahan desa yang bersifat tahunan, sehingga isi dan penulisan buku profil tiap tahunnya pun akan berbeda.

Buku profil desa umumnya digunakan menggambarkan potensi dan tingkat pembangunan desa. Buku profil desa ini dibuat karena melihat kondisi yang ada bahwa pemerintah desa, warga, hingga khalayak umum membutuhkan sarana informasi tentang seluk beluk desa Aeng Tong-Tong. 

Berdasarkan data dan potensi yang dimiliki oleh Desa Aeng Tong-Tong, maka dibuatlah buku profil desa tahun 2023 yang dirilis oleh kelompok KKNT Kelompok 62 Universitas Trunojoyo Madura. Pembuatan buku profil desa Aeng Tong-Tong ini merupakan bentuk diperkenalkannya Kekayaan yang ada, baik kekayaan sumber daya alam, maupun sumber daya manusianya. Desa Aeng Tong-Tong merupakan desa yang terletak di kecamatan Saronggi, kabupaten Sumenep. Dalam buku profil desa ini, ada beberapa informasi yang ikut dimasukkan.

Beberapa informasi yang dimasukkan ke dalam buku profil desa, yaitu sejarah desa Aeng Tong-Tong, letak geografis dan demografis, struktur pemerintah, lembaga desa, organisasi kemasyarakatan, potensi alam, potensi SDM dan perekonomian, dan potensi sosial serta budaya.


Komentar

Postingan Populer