Mahasiswa KKN UTM Melakukan Sosialisasi Dan Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos dari Limbah Kayu Pembuatan Gagang Keris



Mahasiswa KKN Universitas Trunojoyo Madura  kelompok 62  yang ber-anggotakan 11 orang memperkenalkan cara pembuatan pupuk kompos dari limbah kayu pembuatan gagang keris melalui sosialisasi dan pelatihan di Desa Aeng Tong-Tong, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep Senin (10/07/2023)

Penanggung jawab program kerja KKN UTM kelompok 62, menyebutkan bahwa sosialisasi tersebut dilakukan lantaran kondisi desa Aeng Tong-Tong terletak di pegunungan, sehingga banyak petani yang memiliki lahan perkebunan.

Pembukaan dilakukan dengan melakukan sosialisasi kepada para pemuda desa. Sosialisasi dan pelatihan ini dapat berjalan dengan lancar dan maksimal berkat bantuan serta partisipasi yang menghadiri acara sosialisasi dan pelatihan ini.

Proses pembuatan pupuk kompos dimulai dari daun kering yang sudah dipotong kecil-kecil, tanah yang sudah dicampur pupuk kendang dengan perbandingan 70:30, limbah kayu pembuatan keris, kemudian disiram dengan air cucian beras dan larutan EM4 lalu didiamkan selama satu minggu.

Penanggung jawab berharap, program kerja ini menjadi langkah awal pengabdian mahasiswa KKN UTM untuk membantu masyarakat desa. Khususnya sebagai wujud pengalaman nilai lingkungan.

“Dengan adanya pembuatan pupuk kompos ini sangat diharapkan dapat membantu pertanian masyarakat desa Aeng tong tong agar dapat bertani dengan lancar,” lanjutnya Nastiti. 


Komentar

Postingan Populer