Mahasiswa KKN 10 UTM Bekerjasama dengan BKKBN, Selenggarakan Pembentukan Bina Keluarga Lansia (BKL) Di Desa Aeng Tong Tong Kec. Saronggi Kab. Sumenep

      Bina Keluarga Lansia atau biasa disebut BKL merupakan salah satu program dari BKKBN guna untuk menaungi dan membina warga yang sudah lanjut usia (lansia).  Melalui kerjasama antara mahasiswa KKN 10 UTM, perangkat desa, BKKBN kecamatan saronggi dan juga masyarakat desa aeng tongtong, kemarin pada tanggal 23 Desember 2019 telah mengadakan kegiatan pembentukan bina keluarga lansia di desa aeng tongtong. Kegiatan tersebut bertempat dirumah ibu waib yang dimulai dari pukul 15.00 – 17.00 WIB dengan jumlah warga lansia sebanyak 25 orang. Diawali sambutan dari tokoh masyarakat , koordinator desa kkn 10 UTM dan dilanjutkan dengan penyuluhan tentang bina keluarga lansia oleh BKKBN kecamatan saronggi, pelaksanaan kegiatan pembentukan bkl desa aeng tongtong berjalan dengan lancar. 


  
Sambutan ibu kepala Desa Aeng Tongtong terpilih


Penyuluhan tentang bina keluarga lansia oleh BKKBN kecamatan saronggi

      Kegiatan pembentukan bina keluarga lansia desa aeng tongtong dimaksudkan untuk membentuk kader (pengurus) bina keluarga lansia desa aeng tongtong. Dalam kegiatan tersebut terbentuk kader (pengurus) bina keluarga lansia desa aeng tongtong  yang terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara dan humas. Berdasarkan musyawarah dalam kegiatan tersebut,  terpilih 4 kader Bina Keluarga Lansia yang diketuai oleh Ibu Waib. Selain itu tercetus juga nama “SONGKEM EBHU” sebagai nama kelompok Bina Keluarga Lansia desa Aeng Tong Tong. Pemberian nama Songkem Ebhu mempunyai makna yaitu bagaimana caranya agar anak patuh dan selalu berbakti kepada orangtua yang telah melahirkannya.
    
Diskusi pembentukan kader dan nama bina keluarga lansia

      Harapan terbentuknya bina keluarga lansia Songkem Ebhu desa Aeng Tong Tong adalah  kedepan desa aeng tongtong bertambah maju dan orang tua lansia terjaga kesehatannya. Menurut ibu Waib ketua kader bina keluarga lansia Songkem Ebhu desa aeng tongtong mengatakan “tujuannya dibentuknya bina keluarga lansia Songkem Ebhu yaitu untuk menjaga kesehatan ibu-ibu lansia kami di desa Aeng Tong Tong dan agar selalu terpantau sama putra putrinya ”.  



Photo bersama bina keluarga lansia songkem ebhu desa aeng tongtong



Penulis:
Mahasiswa KKN 10 UTM 2019




Komentar

Postingan Populer